Minggu, 26 April 2020

Tugas Pegantar Grafik Komputer - Blender 3D Object

Assalamu’alaikum….

Kali ini saya akan mentutorialkan bagaimana cara membuat donat dengan menggunakan Aplikasi Blender versi 2.82.

Sebelum memulai, saya akan memberitahu tombol Shortcut yang dapat mempermudah pekerjaan project kali ini :

1. SHIFT + A = Membuat object baru.
2. S = Mengatur ukuran object yang dipilih.
3. R = Merotasi object.
4. Tombol scroll mouse = Untuk mengatur kamera tampilan.

Langkah – langkah untuk membuat donat dalam Aplikasi Blender :

1. Buka Aplikasi Blender yang akan muncul tampilan awal seperti dibawah ini.



2. Lalu, hapus terlebih dahulu tampilan kubus dengan cara klik kanan kubus dan pilih delete, setelah itu, klik shift + a untuk menambahkan object baru, pilih seperti apa yang ada dibawah ini.


3. Langkah selanjutnya adalah mengatur ukuran donat sesuai yang kalian inginkan.


4. Pindahkan kursor, yang ada di sebelah kiri, ke mode move, untuk mengangkat objek, yang ingin di beri object plane, agar mendapat bayangan.



5. Jika sudah, tambahkan object plane untuk membentuk lantai agar nanti ketika mengatur posisi cahaya bayangan akan terlihat. Caranya klik SHIFT + A lalu pilih mesh, kemudian pilih Plane.



6. Kemudian selanjutnya untuk pencahayaan klian dapat mengaturnya didalam menu Lighting yang tersedia di layar kanan kalian dengan lambang lampu. Dan untuk mengatur bayangan dapat diatur menggunakan menu Shading.

7. Lalu Donat tersebut tinggal diberi warna sesuai dengan warna yang kalian inginkan pada Menu Base Colour. Saya melebarkan Planen-nya dan lebih menerangkan Lighting-nya agar bayangan dapat terlihat dengan jelas.



8. Lalu hasilnya akan seperti dibawah ini.



Terima Kasih,

Mohon maaf apabila ada kesalahan dan jika masih banyak kekurangan.



Wassalamu’alaikum. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar